Requirement and Responsibilities

1. Permohonan Sertifikasi

a. Pemohon Sertifikasi mengajukan permohonan informasi mengenai sertifikasi kepada LSPro PT Intertek Utama Services.
LSPro PT Intertek Utama Services menginformasikan Skema Sertifikasi Produk yang dimiliki serta Permohonan Sertifikasi Produk dilengkapi dengan persyaratan dokumen terkait. Bila diminta, LSPro PT Intertek Utama Services akan memberikan informasi tambahan yang terkait dengan proses sertifikasi.

b. Permohonan Sertifikasi Produk berlaku untuk 1 (satu) tahun dihitung sejak tanggal permohonan. Permohonan Sertifikasi Produk dinyatakan batal (tidak berlaku), jika proses sertifikasi telah melewati 1 (satu) tahun sejak tanggal permohonan, dan biaya sertifikasi yang telah dibayarkan oleh pemohon tidak dikembalikan.

c. Klien LSPro PT Intertek Utama Services diminta untuk melengkapi permohonan dengan menggunakan Permohonan Sertifikat Produk dan melampirkan persyaratan dokumen lainnya yang ditetapkan oleh LSPRo PT Intertek Utama Services

d. Permohonan Sertifikasi Produk yang telah dilengkapi setidaknya berisi informasi berikut:

1) Identitas perusahaan serta legalitasnya

2) Definisi produk yang akan disertifikasi serta standard yang diajukan

2. Perubahan yang Mempengaruhi Sertifikasi

a. LSPro PT Intertek Utama Services memberitahukan perubahan yang terjadi, khusunya perubahan yang mempengaruhi sertifikasi, kepada klien yang telah produknya telah disertifikasi dan memberi waktu yang memadai untuk melakukan penyesuaian seperlunya terhadap perubahan dokumentasi mutu agar sesuai dengan perubahan persyaratan dan peraturan-peraturan yang baru.

b. Klien yang produknya telah disertifikasi harus memberitahukan kepada LSPro PT Intertek Utama Services jika penyesuaian telah dilaksanakan seluruhnya dan kemudian LSPro PT Intertek Utama Services akan melakukan verifikasi kesesuaiannya terhadap perubahan yang telah dibuat dengan persyaratan yang berlaku.

c. LSPro PT Intertek Utama Services harus menginformasikan kepada LSPro PT Intertek Utama Services untuk setiap rencana modifikasi terhadap produk yang dimaksud dalam sertifikasi, serta terhadap proses produksi dan/atau sistem mutu yang berkaitan dengan produk itu.

3. Penghentian, Pengurangan, Pembekuan, atau Pencabutan Sertifikasi

Pada saat survailen pengujian, pengambilan contoh produk serta audit ditemukan ketidaksesuaian atau penyimpangan dari standar atau regulasi, maka LSPro PT Intertek Utama Services  akan mengambil tindakan seperti berikut ini:

– penangguhan sertifikasi hingga adanya tindakan perbaikan dari klien

– pencabutan atau pembatalan Sertifikat Produk

Dalam semua kasus di atas, sebelum membuat keputusan tentang penangguhan, pencabutan atau pembatalan Sertifikat Produk, LSPro PT Intertek Utama Services  akan melakukan evaluasi menyeluruh dan melakukan tinjauan sebagai dasar keputusan.

Bila sertifikasi dihentikan atas permintaan klien, LSPro PT Intertek Utama Services  mengambil tindakan yang sesuai dengan skema sertifikasi. Semua tindakan yang diambil, didokumentasikan serta diinformasikan kepada seluruh staf untuk memastikan bahwa klien tidak berhak lagi menggunakan Sertifikat Produk dan Tanda Kesesuaian dari LSPro PT Intertek Utama Services.

LSPro PT Intertek Utama Services  memastikan bahwa klien memahami konsekuensi dari penangguhan, pencabutan atau pembatalan sertifikat untuk permintaan berikutnya. LSPro PT Intertek Utama Services  juga akan menjelaskan kepada klien prosedur yang harus diikuti oleh klien untuk memperoleh kembali sertifikat produknya.

Setiap keputusan yang dibuat untuk kembali mengaktifkan sertifikat produk harus melalui tahapan evaluasi serta tinjauan yang sesuai dengan pedoman sertifikasi yang berlaku